- Home >
- 3D , Desain grafis , Tips dan Trick Komputer , Tutorial Blender >
- Menambahkan ‘shade’ pada object 3D di Blender
Sunday, 16 June 2013
Apakah itu shade??sebenarnya ane juga kagak terlalu
tahu namanya tapi ane pernah dengar kalo
namanya shade,dikomentari saja kalo salahh..hhe
Shade yang ane
maksudkan disini ialah garis tepi yang ada pada object 3D,Garis tepi ini
biasanya dipake pada model2 anime 3D… seperti THE ADVENTURE OF WANARA,yang
belom tau the adventure of wanara ane jelasi,itu animasi karya anak bangsa yang
grafiknya ane bisa bilang keren kalo lebih
pengen tau googling dulu gih…
Aplikasi yang ane pake
disini yakni Blender bukan 3D max,maya ato yang lainnya,yang belon tau blender
ane jelasin dikit,blender ialah aplikasi open source untuk membuat object
3D,lebih lengkap cari di google,yang ingin download disini…
Yosh langsung saja
mulai..!!
1. Buka aplikasi Blender dan tambahkan
object kalian lalu klik material dan klik New
2. Nah,setelah pilih New,bakal keluar seperti screen shoot ini
3. Klik
DEFFUSE SHADER MODEL pilih FRESNEL dan
tambahkan intensity sampai 1.000
4.
Centang Ramp,lalu pilih garis ‘2’ dan
ubah warna menjadi hitam pada kotak ‘3’
5. Ubah
Diffuse Ramp Input menjadi Normal
6. Tarik
garis ramp tadi hingga kelihatan seperti pada Screen Shot.
7.
Setelah selesai, coba render object
dengan F12..
Ini
karya ane kmaren,walaupun masih berantakan hhe…
bisa
dilihat hasil renderan tanpa shade dan pake shade…
Mohon
maaf kalo ada yang salah,Ane juga sampe
sekarang masih belajar,kalo ada masukan saran atau komentar silahkan ditulis..
yang ongin download filenya disini
yang ongin download filenya disini
Arigatougozaimasu
(^_^)V
gan..judul lagunya apa ya? keren..
ReplyDelete