Popular Post

My Playlist

Lihat postingan

Total Pageviews

Thursday 13 June 2013

I.          TUJUAN PERCOBAAN
·         Dapat melakukan analisa kadar protein dalam suatu bahan pangan
·         Dapat mengetahui kadar protein dalam bahan

II.        ALAT YANG DIGUNAKAN
·         Pemanas Kjeldahl yang dihubungkan dengan pengisap uap aspirator
·         Labu Kjeldahl
·         Alat distilasi
·         Erlenmeyer
·         Buret 50ml
·         Neraca analitik
·         Kertas timbang
·         Gelas kimia
·         Labu Ukur



III.     BAHAN YANG DIGUNAKAN
·         Sampel      : Tepung Terigu Segitiga Biru 1g
·         Pereaksi     : - Asam Sulfat (H2SO4)
-    Kalium Sulfat (K2SO4)
-    Raksa Oksida (HgO)
-    Larutan Natrium Hidroksida-Natrium Tiosulfat (NaOH-Na2S2O3)
-    Larutan Asam Borat (H3BO3) jenuh
-    Larutan Asam Klorida (HCl) 0.02N
-    Larutan Indikator metal merah
-    Indikator metil blue
IV.     DASAR TEORI
        Protein merupakan suatu zat makanan yang amat penting bagi tubuh., karena zat ini di samping berfungsi sebagai bahan baker dalam tubuh juga berfungsi sebagai zat pembangun dan pengatur. Protein adalah sumber asam-asam amino yang mengandung unsure-unsur C,H,O dan N yang tidak di miliki oleh lemak dan karbohidrat. Molekul protein mengandung pula fosfor, belerang, dan ada jenis protein yang mengandung unsure logam seperti besi dan tembaga. Sebagai zat pembangun protein merupakan bahan pembentuk jaringan-jaringan baru yang selalu terjadi dalam tubuh. Pada masa pertumbuhan proses pembentukan jaringan terjadi secara besar-besaran, pada masa kehamilan droteinlah yang membenuk jaringan janin dan pertumbuhan embrio. Protein juga mengganti jaringan tubuh yang rusak dan yang di rombak. Fungsi utama protein bagi tubuh ialah untuk membentuk jaringan baru dan mempertahankan jaringan yang telah ada.
       Protein dapat juga di gunakan untuk bahan baker apabila keperluan energi tunbuh tidak terpenuhi oleh karbohidrat dan lemak. Protein ikut pula mengatur berbagai proses tubuh baik langsung maupun tidak langsung dengan membentuk zat-zat pengatur proses dalam tubuh. Protein mengatur keseimbangan cairan dalam jaringan dan pembuluh darah, yaitu dengan menimbulkan tekanan osmotic koloid yang dapat menarik cairan dari jaringan ke dalam pembuluh darah. Sifat atmosfer protein yang yapat bereaksi dengan asam dan basa, dapat mengatur keseimbangan asam-basa dalam tubuh.
     Protein dalam tubuh manusia, terutama dalam sel jaringan, bertindak sebagai bahan membrane sel, dapat membentuk jaringan pengikat misalnya kolagen dan elastin, serta membentuk protwin yang inert seperti rambut dan kuku. Di samping itu protein yang bekerja sebagai enzim, bertindak sebagai plasma (albumin), membentuk antibody, membentuk komplek dengan molekul lain, serta dapat bertindak sebagai bagian sel yang bergerak. Kekurangan protein dalam waktu lama dapat menggaggu berbagai proses dalam tubuh dan menurunnkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.
Fungsi protein adalah:
a)       sebagai bahan bakar atau energi karena mengandungkarbon, maka dapat digunakan oleh tubuh sebagai bahan bakar. Protein akan dibakar manakala keperluan tubuh akan energi tidak diterpenuhi oleh lemak dan karbohidrat;
b)        Sebagai zat pengatur yaitu mengatur berbagai proses tubuh baik secara langsung maupun tidak langsung. Sebagai bahan pembentuk zat-zat yang mengatur berbagai proses tubuh;
c)       Sebagai zat pembangun yaitu untuk membantu membangun sel-sel yang rusak maupun yang tidak rusak. Kebutuhan protein meningkat sesuai dengan pertambahan umur.
Siklus protein --> Di dalam tubuh manusia terjadi suatu siklus protein, artinya protein di pecah menjadi komponen-komponen yang ebih kecil yaitu adam amino dan atau peptide. Terjadi juga suatu sintesis protein baru untuk mengganti yang lama. Praktis tidak ada sebuah molekul protein pun yang di sintesis untuk di pakai seumur hidup. Semuanya akan di pecah dan di ganti dengan yang baru dengan laju yang berbeda tergantung jenis dan keperluanya dalam tubuh. Waktu yang di perlukan untuk mengganti separuh dari sejumlah kelompok protein tertentu dengan protein baru di sebut half life atau waktu paruh jangka hidup protein.
Asam amino --> Bila suatu protein di hidrolisis dengan asam, alkali, atau enzim, akan di hasilkan campuran asam-asam amino. Sebuah asam amino terdiri dari sebuah gugus amino, sebuah gugus karboksil, sebuah atom hydrogen, dan gugus R yang terikat pada sebuah atom C yang di kenal sebagai karbon a, serta gugus R merupakan rantai cabang. Semua asam amino berkonfigurasi a dan mempunyai konfigurasi L kecuali glisin yang tidak memupunyai atom C asimetrik. Hanya asam amino L yang merupakan komponen protein. Karena itu penulisan isomer optic jarang dilakukan, dan bila tidak ada tanda apa-apa, maka yang di maksud adalah asam amino L.
         Pemurnian protein --> Pemurnian protein merupakan tahap yang harus di lakukan untuk mempelajari sifat dan fugsi protein. Sejumlah besar protein lebih dari seribu, telah berhasil di isolasi dalam bentuk yang murni.Kini protein yang dapat dipisahkan dari molekul-molekul kecil dengan cara dialysis melalui selaput semi permeable. Molekul-molekul dengan BM lebih besar dari 15.000 tertahan dalam kantung dialysis, sedang molekul-molekul dengan ukuran lebih kecil dan juga ion-ion akan melewati pori-pori selaput semi permeable tersebut keluar dari kantung dialysis.
PENENTUAN KADAR PROTEIN
1.      METODE KJELDAHL
Metode Kjeldahl dikembangkan pada taun 1883 oleh pembuat bir bernama Johann Kjeldahl.
Makanan  didigesti  dengan  asam  kuat  sehingga  melepaskan  nitrogen  yang  dapat  ditentukan
kadarnya dengan teknik titrasi yang sesuai. Jumlah protein yang ada kemudian dihitung dari
kadar nitrogen dalam sampel. 
Metode ini merupakan metode yang sederhana untuk penetapan nitrogen total pada asam amino, protein, dan senyawa yang mengandung nitrogen. Sampel didestruksi dengan asam sulfat dan dikatalisis dengan katalisator yang sesuai sehingga akan menghasilkan amonium sulfat. Setelah pembebasan alkali dengan kuat, amonia yang terbentuk disuling uap secara kuantitatif ke dalam larutan penyerap dan ditetapkan secara titrasi.
Prinsip  dasar  yang  sama  masih  digunakan  hingga  sekarang,  walaupun  dengan  modifikasi untuk  mempercepat  proses  dan  mencapai  pengukuran  yang  lebih  akurat.  Metode  ini  masih merupakan  metode  standart  untuk  penentuan  kadar  protein.  Karena  metode  Kjeldahl  tidak menghitung kadar protein secara langsung, diperlukan faktor konversi (F) untuk menghitung kadar protein total dan kadar nitrogen.  Faktor  konversi  6,25  (setara  dengan  0,16  g  nitrogen  per  gram  protein)  digunakan  untuk banyak jenis makanan, namun angka ini hanya nilai rata-rata, tiap protein mempunyai faktor
Analisa protein cara Kjeldahl pada dasarnya dapat dibagi menjadi tiga tahapan yaitu proses destruksi, proses destilasi dan tahap titrasi.
1. Tahap destruksi
Pada tahapan ini sampel dipanaskan dalam asam sulfat pekat sehingga terjadi destruksi menjadi unsur-unsurnya. Elemen karbon, hidrogen teroksidasi menjadi CO, CO2 dan H2O. Sedangkan nitrogennya (N) akan berubah menjadi (NH4)2SO4. Untuk mempercepat proses destruksi sering ditambahkan katalisator berupa campuran Na2SO4 dan HgO (20:1). Gunning menganjurkan menggunakan K2SO4 atau CuSO4. Dengan penambahan katalisator tersebut titk didih asam sulfat akan dipertinggi sehingga destruksi berjalan lebih cepat. Selain katalisator yang telah disebutkan tadi, kadang-kadang juga diberikan Selenium. Selenium dapat mempercepat proses oksidasi karena zat tersebut selain menaikkan titik didih juga mudah mengadakan perubahan dari valensi tinggi ke valensi rendah atau sebaliknya.
2. Tahap destilasi
Pada tahap destilasi, ammonium sulfat dipecah menjadi ammonia (NH3) dengan penambahan NaOH sampai alkalis dan dipanaskan. Agar supaya selama destilasi tidak terjadi superheating ataupun pemercikan cairan atau timbulnya gelembung gas yang besar maka dapat ditambahkan logam zink (Zn). Ammonia yang dibebaskan selanjutnya akan ditangkap oleh asam khlorida atau asam borat 4 % dalam jumlah yang berlebihan. Agar supaya kontak antara asam dan ammonia lebih baik maka diusahakan ujung tabung destilasi tercelup sedalam mungkin dalam asam. Untuk mengetahui asam dalam keadaan berlebihan maka diberi indikator misalnya BCG + MR atau PP.
3. Tahap titrasi
Apabila penampung destilat digunakan asam khlorida maka sisa asam khorida yang bereaksi dengan ammonia dititrasi dengan NaOH standar (0,1 N). Akhir titrasi ditandai dengan tepat perubahan warna larutan menjadi merah muda dan tidak hilang selama 30 detik bila menggunakan indikator PP.
%N = × N. NaOH × 14,008 × 100%
Apabila penampung destilasi digunakan asam borat maka banyaknya asam borat yang bereaksi dengan ammonia dapat diketahui dengan titrasi menggunakan asam khlorida 0,1 N dengan indikator (BCG + MR). Akhir titrasi ditandai dengan perubahan warna larutan dari biru menjadi merah muda.
%N = × N.HCl × 14,008 × 100 %
Setelah diperoleh %N, selanjutnya dihitung kadar proteinnya dengan mengalikan suatu faktor. Besarnya faktor perkalian N menjadi protein ini tergantung pada persentase N yang menyusun protein dalam suatu bahan
 Keuntungan dan Kerugian

a.       Keuntungan : 
·         Metode  Kjeldahl  digunakan  secara  luas  di  seluruh  dunia  dan  masih  merupakan metode standar dibanding metode lain. 
·         Sifatnya  yang universal, presisi tinggi dan reprodusibilitas baik membuat metode ini banyak digunakan untuk penetapan kadar protein.
b.      kerugian
·         Metode ini tidak memberikan pengukuran protein sesungguhnya, karena tidak semua nitrogen dalam makanan bersumber dari protein. 
·         Protein yang berbeda memerlukan faktor koreksi yang berbeda karena susunan residu asam amino yang berbeda.
·         Penggunaan asam sulfat pada suhu tinggi berbahaya, demikian juga beberapa katalis
·         Teknik ini membutuhkan waktu lama.



V.        PROSEDUR PERCOBAAN
1.     Menimbang sample sebanyak 1 gram lalu memindahkannya kedalam labu kjeldahl.
2.     Menambahkan 1,9±0,1gr K2SO4, 40±10mg HgO, dan 12,0±0,1ml H2SO4, serta 20 ml H2O.
3.     Menambahkan beberapa butir batu didih, lalu memanaskannya sampai mendidih selama 15 menit dan larutan menjadi jernih kehijau-hijauan.
Melakukan percobaan dilemari asam menggunakan alat destruksi dengan unit penghisapan uap.
4.     Mendinginkan campuran, lalu menambahkan sejumlah air sekitar 30ml (sambil membilas labu Kjeldahl).
5.     Memindahkan isi tabung kedalam alat distilasi. Mencuci dan membilas labu 5-6 kali dengan 1-2ml air lalu dipindahkan dalam labu distilasi.
6.     Meletakkan erlenmeyer yang berisi 5ml larutan H3BO3 dan 2 tetes indicator di bawah condenser. Ujung tabung condenser harus terendam dalam larutan H3BO3.
7.     Menambahkan 8-10ml larutan NaOH-Na2S2O3, kemudian melakukan distilasi sampai tertampung kira-kira 15ml distilat dalam Erlenmeyer.
8.     Membilas tabung condenser dengan air dan menampung bilasannya dalam Erlenmeyer yang sama.
9.     Mengencerkan isi Erlenmeyer sampai kira-kira 50ml, kemudian dititrasi dengan HCl 0,02N sampai terjadi perubahan warna menjadi abu-abu.
10. Melakukan langkah yang sama untuk blanko.

VI.     DATA PENGAMATAN
No.
Perlakuan
Pengamatan
1.
a). Sampel
1 gr tepung + 1,9 gr K2SO4 + 40 mg HgO + 12ml H2SO4
b). Blanko
1 ml H2O + 1,9 gr K2SO4 + 40 mg HgO + 12ml H2SO4
Larutan berwarna bening.

Larutan berwarna orange
2.
Sampel dan blanko masing-masing dipanaskan dalam labu Kjeldahl dengan alat destruksi hingga mendidih.
Larutan sampel menjadi hitam kecoklatan dan blanko warnanya menjadi bening.
3.
Sampel dan blanko didinginkan dan ditambahkan kemudian air secara perlahan
Sampel berwarna hitam saat didinginkan. Sedangkan larutan blanko menjadi bening.
4.
Menambahkan  NaOH-Na2S2O3 ke dalam labu bundar yang berisi sample atau blanko dan merendam ujung kondensor dengan H3BO3
Larutan sample yang terdapat dalam labu yang telah ditambah NaOH-Na2S2O3  berwarna hitam dan blanko tetap berwarna bening.
5.
Melakukan destilasi
Didapatkan desttilat sebanyak  3-5 ml
6.
Mengencerkan destilat lalu destilat dititrasi dengan HCl 0,02 N
Volume titran pada sample =  13,4 ml
Volume titran pada blanko =  5,6 ml
Perubahan warna yang terjadi yaitu berwarna putih keruh.


VII.    PERHITUNGAN
Faktor Konversi Kadar Protein Berbagai Macam Bahan

No.
Bahan
Faktor Konversi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
Bir, sirup, biji-bijian, ragi, makanan ternak, buahan, the, anggur dan tepung jagung.
Beras
Roti, gandum, macaroni, bakmi
Kacang tanah
Kedelai
Kenari
Susu dan produk susu
6, 25
5,95
5,70
5,46
5,71
5,18
6,28
    
Volume titran pada sample                                   = 13,4 ml
·      Volume titran pada blanko                              = 5,6 ml
·      Berat sample                                                    = 1 gr

·      % N 

        
  =  0,224128 %

·      % protein  =  % N x factor konversi
                 =  0,224128 % x 5,70
     =  1,2775 %    ( % protein dalam 1 gr )


VIII.   ANALISA PERCOBAAN
Pada penetapan kadar protein kali ini, digunakan sample tepung terigu cakra dengan metode Kjeldahl. Prinsip dari metode Kjeldahl ialah penentuan jumlah nitrogen yang dikandung oleh suatu bahan dengan cara mendegradasi protein dalam bahan dengan menggunakan H2SO4 pekat untuk menghasilkan nitrogen sebagai ammonia.
Pada metode Kjeldahl ini, ada 3 proses yang terjadi, yaitu destruksi, distilasi, dan titrasi. Pada proses destruksi, sample dipanaskan dalam H2SO4 pekat sehingga terjadi penguraian sample menjadi unsur-unsurnya. Unsur N yang dihasilkan akan dipakai untuk menentukan kadar protein. Untuk mempercepat proses destruksi, perlu ditambahkan katalis. Katalis yang digunakan terdiri dari campuran K2SO3 dan HgO. Blanko berfungsi sebagai faktor koreksi dari  adanya senyawa nitrogen yang berasal dari reagensia yang digunakan.
Dalam proses distilasi, larutan sample dan blanko yang telah dingin ditambahkan air untuk melarutkan sample hasil destruksi dan blanko, serta untuk membilas dinding labu agar tidak ada protein yang tersisa dalam labu. Pada dasarnya tujuan distilasi adalah memisahkan zat yang diinginkan, yaitu dengan memecah ammonium sulfat manjadi ammonia (NH3) dengan tambahan NaOH-Na2S2O3 .5H2O. Fungsi NaOH disini adalah untuk memberikan suasana basa karena reaksi tidak dapat berlangsung dalam keadaan asam. Amonia yang dihasilkan dari pemecahan ammonium sulfat akan diuapkan kemudian ditangkapoleh larutan asam borat (H3BO3). Mekanisme yang terjadi pada proses distilasi adalah:
   (NH4)2SO4  +  2 NaOH    Na2SO4 + 2 NH4OH
   2 NH4OH       2 NH3  +  2H2O
   4 NH3  + 2 H3BO3     2(NH4)2BO3    +   H2
Tahap terakhir adalah tahap titrasi, diamana dilakukan titrasi pada sample dan blanko dengan menggunakan larutan HCl 0,02N. Hasil dari titrasi ini akan dimasukkan dalam suatu persamaan dan dihasilkan kadar N (dalam %). Kadar nitrogen yang dihasilkan akan dikalikan dengan suatu faktor konversi, sehingga akan diproleh kadar protein.

                                 
IX.     KESIMPULAN
Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa :

X.       DAFTAR PUSTAKA
Jobsheet.2013. “Petunjuk Praktikum Teknik Pengolahan Pangan” ,Politeknik Negeri Sriwijaya  Palembang.

{ 5 comments... read them below or Comment }

  1. metode penelitian kadar protein apa yang sekiranya mendekati dengan kebenaran kadar itu sendiri? Website Gratis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penetapan Kadar Protein Dengan Metode Kjeldahl >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Penetapan Kadar Protein Dengan Metode Kjeldahl >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Penetapan Kadar Protein Dengan Metode Kjeldahl >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK lf

      Delete
  2. makasih kak referensinya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. kak, gambarnya gak muncul. yang perhitungan kada Nitrogennya :(

    ReplyDelete
  4. Penetapan Kadar Protein Dengan Metode Kjeldahl >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Penetapan Kadar Protein Dengan Metode Kjeldahl >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Penetapan Kadar Protein Dengan Metode Kjeldahl >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete

- Copyright © 2013 Namikaze's art - Namikaze-art - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Redesign by Namikaze-art